Forum Konsultasi Publik Upaya Peningkatan Layanan Publik

Berita

15-05-2023

Padang-Galamai. BBPOM di Padang sebagai Unit Pelayanan Publik dalam melaksanakan pelayanan di dukung dengan Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas yang ada dan disesuaikan dengan standar pelayanan. Jenis pelayanan dalam memberi layanan informasi, pengaduan, Uji laboratorium sampel pihak 3 serta sertifikasi obat dan makanan dengan program si Jempol (Siap Jemput Bola). Dengan menghadirkan pelayanan 5S, Sambut dengan Senyum dan Salam didasari Semangat melayani untuk memberikan Solusi, dihiasi Semangat SLTP Solid, Loyal, Tangguh, dan Pantang menyerah serta dengan Budaya Kerja Organisasi Badan POM PIKKIR Profesional, Integritas, Kerjasama Tim, Kredibilitas, Inovatif, Responsif. Serta maskot BBPOM di Padang Si Yanti (Siap Melayani dengan Sepenuh Hati) dan Siyandi (Siap Melayani dengan Ikhlas).

BBPOM di Padang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik salah satunya melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik. Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat memberikan usulan, masukan dan saran atas layanan publik Balai Besar POM di Padang. Masukan melalui forum konsultasi publik ini selain diharapkan dapat menjadi salah satu sumber masukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, juga dimaksudkan untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Badan POM serta meningkatkan sinergi dengan lintas sektor, Lembaga Swadaya Mayarakat/Organisasi Masyarakat, Akademisi, Rekan Media.

Pada hari Senin 15 Mei 2023 bertempat di salah satu hotel di kota Padang mengadakan Forum Konsultasi Publik. Forum yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat seperti Organisasi Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Perguruan Tinggi, YLKI, Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Organisasi Kemasyarakatan, Kepolisian,  UMKM dan Media Massa. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar POM di Padang, Abdul Rahim. Dalam sambutannya Abdul Rahim menyampaikan bahwa Forum ini merupakan ajang diskusi untuk melahirkan Standar Layanan Publik yang dapat diterima semua pihak terutama oleh konsumen layanan publik BBPOM di Padang.

Melalui Kegiatan FKP ini disampaikan Kebijakan Layanan oleh Kepala BBPOM di Padang Abdul Rahim , Standar Pelayanan Prima oleh Yon Firman dan Aplikasi Galamai oleh Yuni Triwahyuni. Dilanjutkan dengan diskusi yang melibatkan semua peserta forum dalam menetapkan Standar Pelayanan untuk Pelayanan yang Prima yang dituangkan dalam bentuk berita acara.

Melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik ini diperoleh kesepakatan bersama terhadap Standar Pelayanan Publik di Lingkungan BBPOM di Padang dengan masyarakat pengguna layanan dalam rangka mewujudkan implementasi pelayanan publik yang transparan dan prima.

Balai Besar POM di Padang