Tahukah Kamu.. Apa Itu Survey Kepuasan Masyarakat?

Artikel

29 January 2021

#TahukahKamu apa yang dimaksud SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) ?

 

SKM adalah suatu kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Dasar hukum nya adalah UU RI No.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Perka BPOM No.27 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Publik dilingkungan Badan POM RI.

Penilaian SKM BBPOM di Padang dilakukan terhadap 3 layanan yaitu : Layanan Pengujian, Informasi dan Pengaduan, serta Pengurusan SKI/SKE. Unsur pelayanan dalam penilaian SKM diantaranya Persyaratan, Sistem/mekanisme prosedur, Waktu Penyelesaian, Biaya/Tarif, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompetensi pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan, serta Sarana dan prasarana.

Hasil SKM BBPOM di Padang tahun 2020 dengan jumlah responden 131 orang menunjukkan nilai penyelenggaraan layanan publik sebesar 89,97 (melebihi target nilai yang ditetapkan yaitu 88,50). Nilai ini meningkat 2,2 point dibanding nilai tahun 2019 yaitu 87,77. Berdasarkan nilai ini, dapat disimpulkan mutu layanan BBPOM di Padang mendapat kategori A (sangat baik). BBPOM di Padang berkomitmen untuk senantiasa terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.