Nagari Bayua Kabupaten Agam Raih Juara I Lomba Desa Pangan Aman Nasional 2021

Berita

16-09-2022

Nagari Bayua meraih Juara I Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional yang diadakan BPOM RI. Pemberian penghargaan dan plakat diterima oleh Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman, dan Wali Nagari Bayua, Hadi Fajrin, bersama Kepala Balai Besar POM di Padang, Abdul Rahim di Hotel Padma Legian Bali (Kamis,15/9).

 

Nagari Bayua merupakan desa intervensi Balai Besar POM di Padang Tahun 2020 yang sangat aktif dalam melaksanakan kegiatan Desa Pangan Aman secara mandiri sejak tahun 2021. Pertambahan komunitas keamanan pangan mencapai 900 orang menjadi nilai tambah Nagari Bayua dibanding desa lainnya. Selain itu, banyak inovasi unggulan Nagari Bayua dalam menyebarkan edukasi dan informasi kepada masyarakat. Seperti warung percontohan yang merupakan warung yang telah sesuai dengan standar keamanan pangan. Sehingga dapat menjadi contoh langsung kepada seluruh pedagang warung di Nagari Bayua. Selain itu ada juga pojok Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) yang terletak didalam Kantor Nagari. Di pojok ini dipajang alat peraga dan peoduk2 informasi terkait keamanan pangan. Sehingga pengunjung Nagari Bayua bisa mampir dan membaca serta belajar tentang keamanan pangan desa. Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) juga sangat aktif melakukan sosialisasi door to door ke pelaku usaha pangan UMKM dengan tujuan pangan yang di produksi di Nagari Bayua adalah pangan yang bersih, sehat dan terjamin mutunya. 

 

Dalam aktivitasnya, Tim dan KKPD Nagari Bayua juga di dukung oleh Bupati beserta OPD terkait di Kabupaten Agam yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi UKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Kecamatan Tanjung Raya, dan lain-lain. Sehingga setiap pelaksanaan kegiatan penuh dengan semangat dan berjalan dengan baik.

 

Kini Nagari Bayua menjadi contoh dan motivasi terhadap desa lainnya tidak hanya di Sumatera Barat namun hampir diseluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, Badan POM mengundang Wali Nagari Bayua menjadi narasumber untuk menceritakan kesuksesan yang diraih dalam Pertemuan Teknis Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa) pada tanggal 20 September mendatang yang akan dihadiri oleh Kementrian dan Lembaga serta OPD terkait di seluruh Indonesia.

 

Balai Besar POM di Padang