Berdayakan Masyarakat, BBPOM di Padang Lakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi Keamanan Obat dan Makanan

Berita

20-09-2022

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat agar dapat melindungi dirinya dari obat dan makanan yang tidak memenuhi kriteria, BBPOM di Padang kembali melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi dan Edukasi bersama Tokoh Masyarakat Ade Rezki Pratama, Anggota Komisi IX DPR RI di Kabupaten Agam pada tanggal 16 dan 17 September 2022.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Nuansa dan SMPN 2 Tilatang Kamang yang masing-masingnya dihadiri oleh 250 orang peserta yang terdiri ninik mamak, pelaku usaha UMKM, ibu rumah tangga, komunitas LSM, walinagari, camat, OPD terkait dan masyarakat di sekitar Matur dan Tilatang Kamang.

Dalam sambutannya, Ade Rezki Pratama menyampaikan bahwa globalisasi menjadi salah satu tantangan yang mempengaruhi sistem perdagangan di Indonesia. Hal ini memerlukan upaya pemerintah khususnya Badan POM  untuk meningkatkan perlindungan kepada masyarakat sebagai konsumen obat dan makanan agar terhindar dari ancaman produk-produk yang tidak memenuhi syarat.

Iswadi, Kepala Loka Payakumbuh yang hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini menghimbau masyarakat  agar cerdas ketika akan membeli dan mengkonsumsi produk-produk obat dan makanan termasuk obat tradisional, suplemen kesehatan. Ingat selalu CEK KLIK yaitu Cek Kemasan (kemasan dalam kondisi baik, tidak penyok dan tidak bocor), Cel Label, Cek Izin Edar dan Cek Kadaluarsa. Masyarakat dapat mencek izin edar obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik dan pangan olahan terkemas yang terdaftar di Badan POM melalui Aplikasi Cek BPOM dan Aplikasi BPOM Mobile. Beliau juga menyampaikan agar selalu waspada terhadap bahan berbahaya yang sering ditambahkan ke makanan seperti boraks, formalin, rhodamin B dan methanil yellow.

Ayo jadi konsumen cerdas dan berdaya, tingkatkan pengetahuan literasi, katakann tidak pada hoaks, pastikan mendapatkan informasi obat dan makanan dari sumber yang valid dan terpercaya.

" Bukan kata orang, pastikan kata BPOM"