BBPOM di Padang Gelar Bimbingan Teknis Penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik bagi UMKM Pangan Olahan

Berita

07-09-2022

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku usaha pangan tentang penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Balai Besar POM (BBPOM) di Padang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis CPPOB bagi pelaku usaha pangan olahan (6-7/9). Kegiatan yang digelar selama 2 (dua) hari ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang pelaku usaha pangan olahan dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang. Bertempat di ZHM Premier Hotel Padang, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BBPOM di Padang, Abdul Rahim yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelaku Usaha merupakan salah satu Pilar Pengawasan Obat dan Makanan yang berkontribusi dalam menjamin produk yang diproduksi terjamin mutu dan keamanannya sehingga pengetahuan dan pemahanan Pelaku Usaha harus senantiasa ditingkatkan.

BBPOM di Padang sangat mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satu nya melalui Layanan Si Jempol (Siap Jemput Bola) untuk memfasilitasi pelaku usaha dalam memperoleh izin edar BPOM. Bimbingan Teknis ini merupakan bagian dari program pendampingan pelaku usaha pangan yang dilakukan oleh BBPOM di Padang dalam rangka percepatan proses izin edar produk. Abdul Rahim juga menghimbau pelaku usaha untuk dapat menaikkan daya saing produk, oleh karena itu penerapan CPPOB ini wajib dilaksanakan di sarana produksi pangan olahan agar produk yang dihasilkan bermutu dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Peserta sangat antusias mengikuti bimbingan teknis ini, yang terlihat dari interaksi aktif antara narasumber dan peserta. Berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan, peserta sangat puas dengan pelaksanaan kegiatan ini dan pendampingan yang telah dilakukan oleh BBPOM di Padang selama ini dalam proses registrasi produk sangat baik didukung oleh petugas yang ramah dan profesional.

Balai Besar POM di Padang