BBPOM DI PADANG BERSAMA TOKOH MASYARAKAT DARUL SISKA EDUKASI MASYARAKAT DI NAGARI SUNGAI TARAB OBAT DAN MAKANAN AMAN

Berita

07-11-2022

Balai Besar POM (BBPOM) di Padang menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) bersama Tokoh Masyarakat, Darul Siska – Anggota Komisi IX DPR RI di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar (Minggu, 06/11). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih telah memilih Kabupaten Tanah Datar khususnya Nagari Sungai Tarab dalam rangka kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Informasi dan Edukasi. Wabup berharap dengan adanya kegiatan perberdayaan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam memilih obat dan makanan yang sekaligus bisa menghindar dari bahaya yang bisa mengganggu kesehatan.

Selanjutnya, paparan dari Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska bahwa komisi IX menaungi bidang kesehatan untuk itu kewajiban nya untuk menyampaikan edukasi tentang Bidang kesehatan kepada masyarakat . Melalui kegiatan ini juga, Darul Siska menghimbau kepada pelaku usaha UMKM yang dapat meningkatkan inovasi baik kemasan produk agar dapat meningkatkan ketahanan produk serta segera melakukan pengurusan izin edarnya.

Selanjutnya, paparan dari Kepala BBPOM di Padang, diwakili oleh PFM Ahli Madya Linda Gusrini Fadri menyampaikan terkait tugas pokok dan fungsi Badan POM dibidang pengawasan obat dan makanan. Menghimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dalam memilih dan menggunakan produk obat dan makanan yang aman serta bagi pelaku usaha UMKM yang ingin mendapatkan izin edar BPOM tidak usah ragu untuk menghubungi BBPOM Padang karena nantinya akan didampingi langsung oleh tim BBPOM Padang hingga mendapatkan izin edar BPOM. Paparan materi keamanan obat dan makanan selanjutnya disampaikan oleh PFM Ahli Madya BBPOM di Padang, Legafatman yang menyampaikan pembahasan detail terkait Edukasi Cek KLIK dan memperlihatkan kepada masyarakat beberapa contoh produk Tanpa Izin Edar (TIE) dan mengandung bahan berbahaya yang banyak beredar di masyarakat serta pendampingan pelaku usaha yang dilakukan oleh BBPOM di Padang melalui Layanan Siap Jemput Bola (SiJempol).

Kegiatan dilaksanakan bertempat di Aula SKB 2 Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kab. Tanah Datar dan dihadiri oleh 250 (dua ratus lima puluh) orang peserta yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan terbentuknya interaksi aktif antara narasumber dan peserta, banyak pertanyaan yang diajukan terkait dengan bahan berbahaya dalam produk makanan, perizinan produk hingga pola konsumsi obat. Masyarakat dihimbau agar senantiasa menjadi konsumen cerdas dengan selalu ingat Cek KLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa. BBPOM di Padang sangat mendukung potensi UMKM melalui pendampingan kepada pelaku usaha untuk mendapatkan izin edar BPOM.

Balai Besar POM di Padang