BALAI BESAR POM DI PADANG BERSAMA TOKOH MASYARAKAT, DARUL SISKA, KOMISI IX DPR RI, AJAK MASYARAKAT NAGARI LUBUAK JANTAN CERDAS MEMILIH DAN MENGKONSUMSI OBAT DAN MAKANAN

Berita

06-11-2022

Balai Besar POM di Padang bersama tokoh masyarakat, Darul Siska, Anggota Komisi IX DPR RI, ajak masyarakat untuk cerdas memilih dan mengkonsumsi obat dan makanan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Infomasi dan Edukasi (KIE) di Kabupaten Tanah Datar (Sabtu, 05/11). Kegiatan KIE untuk masyarakat ini diadakan di Hall Bulu Tangkis  Jorong Kamboja Nagari Lubuak Jantan, kecamatan Lintau Buo Utara dengan jumlah peserta 250 orang. Kegiatan ini dihadiri Mantan Wabup Tanah Datar Aulizul Syuib, Mantan Bupati Tanah Datar Zuldafri Dharma, walinagari sekecamatan Lintau Buo Utara, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang, pemuda dan remaja putri di nagari Lubuak Jantan.  Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan tetap mematahui protokol kesehatan.

Paparan dari Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska bahwa komisi IX menaungi bidang kesehatan untuk itu kewajiban nya untuk menyampaikan edukasi tentang Bidang kesehatan kepada masyarakat. Darul Siska mengajak masyarakat dengan menerapkan hidup sehat gizi yang seimbang, istirahat yang cukup, olah raga yang teratur dan rutin memeriksa kesehatan ke puskesmas. Darul Siska mengingatkan remaja putri agar berhati-hati memilih kosmetik, karena ada sebahagian kosmetik yang dapat merusak kulit serta mengajak masyarakat untuk cerdas memilih obat dan makanan.

Selanjutnya, paparan dari Kepala BBPOM di Padang, diwakili oleh PFM Ahli Madya Linda Gusrini Fadri menyampaikan terkait tugas pokok dan fungsi Badan POM dibidang pengawasan obat dan makanan. Menghimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dalam memilih dan menggunakan produk obat dan makanan yang aman serta bagi pelaku usaha UMKM yang ingin mendapatkan izin edar BPOM tidak usah ragu untuk menghubungi BBPOM Padang karena nantinya akan didampingi langsung oleh tim BBPOM Padang hingga mendapatkan izin edar BPOM. Paparan materi keamanan obat dan makanan selanjutnya disampaikan oleh PFM Ahli Madya BBPOM di Padang, Legafatman yang menyampaikan pembahasan detail terkait Edukasi Cek KLIK dan memperlihatkan kepada masyarakat beberapa contoh produk Tanpa Izin Edar (TIE) dan mengandung bahan berbahaya yang banyak beredar di masyarakat serta pendampingan pelaku usaha yang dilakukan oleh BBPOM di Padang melalui Layanan Siap Jemput Bola (SiJempol).

Dengan adanya kegiatan KIE ini diharapkan pengetahuan masyarakat tentang obat dan makanan  meningkat dan masyarakat dapat menjadi agent of change dalam memilih obat dan makanan dan menerapkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluarsa). Masyarakat juga dapat menyampaikan kembali ilmu yang diberikan dan mengajak orang lain untuk memilih produk yang aman serta melaporkan ke BBPOM di Padang apabila menemukan atau mencurigai atau mengedarkan  produk ilegal dan atau mengandung bahan berbahaya.

Balai Besar POM di Padang